Sunday, July 19, 2015

30 kali ditolak kerja akhirnya jadi milyuner

Berpuluh tahun yang lalu, lelaki kurus ini bukanlah orang penting apalagi memiliki kekayaan yang melimpah. Dia cuma pengangguran yang minim prestasi sewaktu sekolah hingga kuliah. Namun siapa sangka Jack Ma, nama lelaki itu kini telah menjadi terkenal sebagai pendiri e-commerce Alibaba terbesar di China, perusahaan yang bersaing ketat dengan eBay milik Amerika.
 
Apa yang didapat oleh Jack Ma bukanlah suatu mukjijat. Keberhasilannya untuk menjadi pribadi yang sukses tidak semudah membalikkan telapak tangan. Kesungguhan dan tekad kuatnya yang seperti bajalah yang membuat kesuksesan berpihak pada dirinya.

Seperti yang dikutip dari  businessinsider.co.id, Ma mengungkapkan dirinya sudah terbiasa dengan berbagai kesulitan dan penolakan-penolakan, bahkan untuk masuk kuliah pun, Ma sudah terlebih dahulu ditolak tiga kali oleh kampus.

Selepas lulus kuliah  30 kali Jack Ma mengalami penolakan kerja dari perusahaan yang ia kirimi lamaran untuk bekerja. Penolakan-penolakan itu nyaris membuatnya putus asa.

"Saya mau menjadi polisi, mereka bilang saya tidak pantas. Bahkan sewaktu saya melamar ke KFC di kota saya, dari 24 orang yang melamar hanya saya yang tidak diterima," kenang Ma.

Tak putus asa, di tahun 1999 bersama temannya Ma memiliki ide untuk mencoba usaha dibidang e-commerce. Jack Ma dan temannya tahu, untuk mendirikan usaha itu ia dan temannya harus kreatif  untuk mendapatkan bantuan modal dari bank. Modal didapat akhirnya dia meluncurkan produk e-commerce pertamanya  yang diberi nama Aliplay.

Banyak orang menyangsikan Aliplay yang mewadahi jual beli antar kurs dalam perdagangan internasional. "Mereka bilang ini ide paling bodoh yang pernah saya lakukan. Saya tidak peduli selama orang dapat menggunakannya," tutur dia.

Dengan keuletannya menjalankan bisnis e-commerce kini Ma dinobatkan sebagai orang terkaya di China dengan total kekayaan 20,4 miliar dolar. Bahkan produk perusahaan Ma mampu menarik 100 juta orang setiap harinya.

Ma pun tak gentar jika  harus bersaing dengan eBay yang tampak lebih perkasa. Jack Ma yakin kepercayaan pasar, utamanya di China sudah berada di dalam genggamannya. 

Jack Ma adalah inspirasi bagi orang yang ingin sukses dan pantang menyerah.

No comments:

Post a Comment