Thursday, June 16, 2016

Trik-trik jitu melamar pekerjaan

Syarat utama bagi seseorang yang ingin bekerja baik di perusahaan atau instansi pemerintah salah satunya adalah dengan membuat lamaran kerja, disamping pendidikan atau keahlian yang dimiliki oleh si pelamar tersebut. Berikut ini salah satu cara yang mungkin bisa di pakai bila anda inging melamar pekerjaan.

Usahakan untuk menyusun CV berisi narasi kehidupan profesional Anda, bukan daftar generik.
Buatlah setiap CV atau resume sesuai dengan pekerjaan dan perusahaan tertentu yang Anda tuju agar tampak punya pengetahuan dan benar-benar tertarik.
Penari salsa William Sjögren, contohnya, berkreasi ketika melamar pekerjaan. Ia membuat rekaman video tentang dirinya dan pasangannya menari.
Di punggung mereka ditempelkan kertas-kertas berisi informasi relevan. Meskipun cara tersebut mungkin tidak menarik perhatian sebagian besar manajer, tentu saja cara itu membuat lamaran unik.

Pada saat melakukan wawancara berpenampilanlah sedikit berbeda dari 'saingan' anda, tentu saja anda harus berpenampilan sopan.

Penekanan dalam berkomunikasi dengan pewawancara harus komunikatif, usahakan seolah-olah anda berbicara dengan teman dekat agar suasana terlihat santai dan akrab.

Jangan berlebihan dalam mempromosikan diri anda kepada pewawancara. Jawab semua pertanyaan dengan jujur dan tegas. 

Beri ilustrasi seperlunya seandainya anda bekerja diperusahaan tersebut. Anda juga harus terlihat energik dan bersemangat dalam memberikan paparan bilamana anda bekerja di perusahaan tersebut.
Selamat mencoba semoga berhasil.
 

No comments:

Post a Comment